29.11.10

TIPS: Mengatasi Kebiasaan Mengemut Makanan

Si kecil suka mengemut makanannya? Yuk, ma...intip Tips berikut ini yaa... :)
  • Ajari cara mengunyah yang benar
Orangtua harus berperan aktif dalam mencontohkan cara mengunyah yang benar secara bertahap, yaitu bagaimana cara mambuka mulut dan menggerakkan rahang.
  • Variasikan menu
Menu yang itu-itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan, bahkan mendorong anak menjadi picky eater. Sajikan makanan yang berbeda setiap harinya.  Atau bisa juga dengan mengganti nasi dengan roti, makaroni atau mie.  Sesekali biarkan anak memilih makanan kesukaannya agar lebih bersemangat saat makan.
  • Hentikan kebiasaan mengisap dot
Kebiasaan ini bisa membuat anak juga terbiasa mengemut makanannya.  Kurangi pemberian dot dan terangkan kepada anak dengan bahasa yang sederhana mengenai efek buruk dari mengemut makanan.
  • Ciptakan waktu makan yang menyenangkan
Hindari memberi makan anak sambil bermain atau menonton televisi.  Biasakan makan bersama di meja makan dengan anggota keluarga yang lain.  Jangan mencubit apalagi memukul anak apabila ia mengemut makanannya atau berlama-lama makan.
  • Waktu makan batasi maksimal 30 menit
Biasakan membatasi waktu makan, karena makanan yang terlalu lama tidak dimakan juga akan mengalami proses oksidasi dan terkontaminasi sehingga menyebabkan rasa makanan menjadi berubah.  Selesaikan makan dalam waktu 30 menit.  Biarkan makanan yang tersisa, sebisa mungkin hindari memaksa anak karena hanya akan menyebabkannya trauma dan akibatnya waktu makan akan menjadi saat yang menakutkan baginya.  Lebih baik berikan makanan dalam porsi yang lebih sedikit namun sering (small frequent feeding).
  • Makan dahulu sebelum main
Pisahkan waktu antara makan dengan bermain.  Terlalu asyik bermain juga bisa menyebabkan anak lupa mengunyah.
mamaku kerjanya dari rumah sambil nemenin aku... makasi yaa dBCN, berkat kamu aku bisa terus sama mamaku... Baca cerita mamaku di sini yaa..
Share This

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dunia Mama Copyright © 2009 Fashionzine is Designed by Ipietoon for Bie Blogger Template
In Collaboration With Teen Celebrities